Deteksi Lokasi Masuknya Asap Knalpot Ke Kabin
Kebocoran kecil pada knalpot ternyata merupakan hal yang sangat sulit
dideteksi. Kecuali kita membawa mobil untuk pengetesan Uji Emisi ataupun
membawanya ke bengkel, maka kita tak akan tahu jika terdapat kebocoran
atau kerusakan pada knalpot.
Lain halnya jika kerusakan pada knalpot cukup parah seperti patah atau kebocoran besar, maka kerusakan akan terasa karena terjadi penurunan tenaga yang signifikan. Menurut Technision Leader Auto 2000, Kalimalang, Eko Wati, Imbas dari kebocoran kecil pada knalpot ternyata cukup fatal, yakni masuknya udara hasil pembakaran mesin ke dalam ruang kabin.
"Efeknya jika gas buang masuk ke dalam kabin tentu saja keracunan pada penumpang, soalnya gas buangnya tidak tercium," ujar Eko. Yang fatal dari keracunan tersebut adalah kematian.
Tentu saja kita tak ingin hal tersebut terjadi. Karenanya, sebelum pengecekkan berkala ke bengkel, kita dapat menjaga kabin mobil dari masuknya gas buang dari kebocoran knalpot. Eko pun menjelaskan lokasi-lokasi pada mobil yang dapat menjadi pintu masuk bagi gas buang mesin ke dalam kabin.
Side Ventilator
Hampir semua mobil memiliki perangkat ini, meski mungkin namanya berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama yaitu menjadi akses bagi keluar masuknya udara. Guna dari keluar masuknya udara adalah untuk menjaga agar udara dalam kabin dapat bersirkulasi. Posisinya biasa berada di bagian dalam fender pada belakang mobil. Untuk kendaraan sedan misalnya, kita dapat menemukannya di bagasi, tepatnya di balik karpet penutup sisi dalam bagasi.
Perangkat ini menggunakan karet berbentuk kisi-kisi yang bekerja secara mekanis membuka dan menutup. Ketika terjadi kebocoran knalpot, maka udara yang tercampur gas buang knalpot akan masuk ke dalam kabin. Karenanya anda dapat memperhatikan kualitas karet ventilator. Idealnya, semua sirip ventilator tidak ada yang bergelombang dan tersusun rapat. Jika terdapat bagian yang sobek atau bergelombang, maka udara yang telah tercampur dengan gas buang knalpot dapat terus masuk ke dalam kabin.
Ventilator AC
Ventilator ini berada di balik dasbor. Memang sangat sulit melihatnya, namun ini merupakan pintu masuk bagi udara yang telah terkontaminasi gas buang knalpot yang bocor di ruang mesin. Biasanya ventilator memiliki tuas kontrol untuk membuka atau menutupnya. Jika terdapat kerenggangan pada saluran ventilator ataupun ventilator terdapat kerusakan dan tidak menutup sempurna, maka udara yang telah terkontaminasi kebocoran knalpot dapat masuk ke ruang kabin.
Karet-Karet Pintu
Karet-karet pada pintu yang telah mengeras dan rusak ternyata juga dapat menjadi akses bagi udara kotor yang telah terkontaminasi gas buang knalpot ke dalam ruang kabin. Kerusakan pada karet pintu paling mudah untuk ditemukan, jika terdapat karet yang sobek atau lepas, anda bisa segera menggantinya.
Karet Tuas Transmisi
Tuas transmisi yang menghubungkan tuas di kabin dengan gear box di ruang mesin umumnya dibungkus oleh karet agar tidak ada udara yang masuk melalui lubang tersebut. Pasalnya tekanan udara yang mengalir di bawah mobil cukup tinggi untuk dapat masuk ke kabin. Apalagi jika udara tersebut telah terkontaminasi dengan gas buang mesin.
Menemukan karet ini tidak terlalu sulit, anda hanya perlu membuka knob tuas transmisi, dan membuka panel transmisi. Lihatlah karet pembungkus tuas, jika karet pembungkus telah sobek atau longgar, ada baiknya anda segera melakukan penggantian.
Cara Mudah Deteksi Kebocoran Knalpot
Lain halnya jika kerusakan pada knalpot cukup parah seperti patah atau kebocoran besar, maka kerusakan akan terasa karena terjadi penurunan tenaga yang signifikan. Menurut Technision Leader Auto 2000, Kalimalang, Eko Wati, Imbas dari kebocoran kecil pada knalpot ternyata cukup fatal, yakni masuknya udara hasil pembakaran mesin ke dalam ruang kabin.
"Efeknya jika gas buang masuk ke dalam kabin tentu saja keracunan pada penumpang, soalnya gas buangnya tidak tercium," ujar Eko. Yang fatal dari keracunan tersebut adalah kematian.
Tentu saja kita tak ingin hal tersebut terjadi. Karenanya, sebelum pengecekkan berkala ke bengkel, kita dapat menjaga kabin mobil dari masuknya gas buang dari kebocoran knalpot. Eko pun menjelaskan lokasi-lokasi pada mobil yang dapat menjadi pintu masuk bagi gas buang mesin ke dalam kabin.
Kici ventilator depan yang rusak dapat menjadi akses bagi gas buang knalpot untuk masuk ke dalam kabin bersama AC. | Kisi ventilator belakang dapat menjadi akses bagi kebocoran gas buang untuk masuk ke dalam kabin. | Sambungan-sambungan knalpot dapat menjadi titik kebocoran gas buang. |
Side Ventilator
Hampir semua mobil memiliki perangkat ini, meski mungkin namanya berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama yaitu menjadi akses bagi keluar masuknya udara. Guna dari keluar masuknya udara adalah untuk menjaga agar udara dalam kabin dapat bersirkulasi. Posisinya biasa berada di bagian dalam fender pada belakang mobil. Untuk kendaraan sedan misalnya, kita dapat menemukannya di bagasi, tepatnya di balik karpet penutup sisi dalam bagasi.
Perangkat ini menggunakan karet berbentuk kisi-kisi yang bekerja secara mekanis membuka dan menutup. Ketika terjadi kebocoran knalpot, maka udara yang tercampur gas buang knalpot akan masuk ke dalam kabin. Karenanya anda dapat memperhatikan kualitas karet ventilator. Idealnya, semua sirip ventilator tidak ada yang bergelombang dan tersusun rapat. Jika terdapat bagian yang sobek atau bergelombang, maka udara yang telah tercampur dengan gas buang knalpot dapat terus masuk ke dalam kabin.
Ventilator AC
Ventilator ini berada di balik dasbor. Memang sangat sulit melihatnya, namun ini merupakan pintu masuk bagi udara yang telah terkontaminasi gas buang knalpot yang bocor di ruang mesin. Biasanya ventilator memiliki tuas kontrol untuk membuka atau menutupnya. Jika terdapat kerenggangan pada saluran ventilator ataupun ventilator terdapat kerusakan dan tidak menutup sempurna, maka udara yang telah terkontaminasi kebocoran knalpot dapat masuk ke ruang kabin.
Karet penutup tuas transmisi yang tidak menutup sempurna dapat menjadi akses udara kotor ke dalam kabin | konsultasikan kepada mekanik untuk mengetahui kebocoran knalpot |
Karet-Karet Pintu
Karet-karet pada pintu yang telah mengeras dan rusak ternyata juga dapat menjadi akses bagi udara kotor yang telah terkontaminasi gas buang knalpot ke dalam ruang kabin. Kerusakan pada karet pintu paling mudah untuk ditemukan, jika terdapat karet yang sobek atau lepas, anda bisa segera menggantinya.
Karet Tuas Transmisi
Tuas transmisi yang menghubungkan tuas di kabin dengan gear box di ruang mesin umumnya dibungkus oleh karet agar tidak ada udara yang masuk melalui lubang tersebut. Pasalnya tekanan udara yang mengalir di bawah mobil cukup tinggi untuk dapat masuk ke kabin. Apalagi jika udara tersebut telah terkontaminasi dengan gas buang mesin.
Menemukan karet ini tidak terlalu sulit, anda hanya perlu membuka knob tuas transmisi, dan membuka panel transmisi. Lihatlah karet pembungkus tuas, jika karet pembungkus telah sobek atau longgar, ada baiknya anda segera melakukan penggantian.
Cara Mudah Deteksi Kebocoran Knalpot
- Nyalakan mesin lalu tutup lubang knalpot dengan sendal karet.
- Jika mobil Anda tidak langsung mati dalam beberapa saat bahkan tetap menyala, berarti ada kebocoran di sistem knalpot.
- Jika setelah beberapa saat mobil langsung mati berarti sistem knalpot dalam kondisi prima.
Posted in:
0 komentar for "Deteksi Lokasi Masuknya Asap Knalpot Ke Kabin"
Leave a reply